Selasa, 24 April 2012

PENDERITAAN DAMPAK KEMERDEKAAN YANG BELUM MERATA (MANUSIA DAN PENDERITAAN)


Pengertian Penderitaan
Penderitaan  berasal  dari  kata  derita.  Kata  derita  berasal  dari  bahasa  sansekerta  dhara artinya  menahan  atau menanggung. Derita  artinya menanggung  atau  merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Identitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada  yang  berat  dan  ada  yang  ringan.  Peranan  individu  menentukan  berat-tidaknya intensitas  penderitaan.  Penderitaan  akan  dialami  oleh  semua  orang,  hal  itu  merupakan risiko  hidup.

Sedangkan menurut kamus bahasa Indonesia online, penderitaan artinya suatu keadaan yang menyedihkan yang harus ditanggung. Dan kata derita yang merupakan kata dasar dari kata penderitaan artinya sesuatu yang menyusahkan yang di tanggung dalam hati (seperti kesengsaraan, penyakit)

Penderitaan  fisik  yang  dialami  manusia  tentulah  diatasi  secara  medis untuk  mengurangi  atau  menyembuhkannya.  Sedangkan  penderitaan  psikis, penyembuhannya  terletak  pada  kemampuan  si  penderita  dalam  menyelesaikan  soal-soal psikis  yang  dihadapinya.

Cotoh Kasus di Indonesia masih banyak orang yang masih menderita akibat nasib Pemerintah yang masih semena-mena tidak menghiraukan penduduk yang ada di wilayah terpencil yang masih jauh dari mana-mana.  Seperti di Papua ada banyak orang yang menderita kelaparan, kemiskinan akibat dampak Kemerdekaan yang belum merata. Setiap hari mereka mengenakan pakaian seadanya dan ada pula yang tidak berpakaian, makanan setiap harinya juga seadanya sehingga kebanyakan perut-perut mereka buncit akibat terkena cacingan. Apa yang dikatakan Pemerintah tentang hal ini? Pemerintah bahkan tidak menghiraukan mereka. dimana "KEMERDEKAAN"?.


Opini:
Menurut saya manusia pasti pernah merasakan penderitaan, penderitaan ada banyak sekali macamnya. Untuk studi kasus diatas adalah penderitaan lahir dimana penderitaan itu dirasakan oleh tubuh seperti perut buncit dan terkena penyakit cacingan.

Sumber:
http://abra139210.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar