Kamis, 14 Juni 2012

Kebudayaan Tari Ronggeng (Manusia dan Kebudayaan)


Kebudayaan merupakan suatu ide atau gagasan yang ada di dalam pikiran masyarakat yang sesuai dengan pengetahuannya, sehingga dalam kehidupan bermasyarakat hal ini berubah menjadi suatu bentuk kongkret yang dapat dilihat dan dirasakan misalnya cara berperilaku, bahasa, dan kehidupan realigi.


Menurut pendapat para ahli definisi kebudayaan yakni:
Menurut Edward Burnett Tylor kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hokum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan merupakan sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.




Contoh kasus adalah Tari Roggeng dimana tarian ini merupakan kebudayaan asli bangsa Indonesia yang turun termurun diturunkan dari generasi ke generasi, dilihat dari tarianya tari Ronggeng menggunakan Selendang untuk menari karena selendang itu diperlukan untuk mengibas-ngibaskan angin seperti dalam perang antar suku terdahulu, kaki yang kuat guna sebagai kuda-kuda melakukan perang terdahulu juga dipraktekan dalam tarian ini.



Opini: 
Bangsa Indonesia memiliki kebudayaan yang bermacam-macam menurut wilayah dan adatnya masing-masing. Biasanya saat perang dikaitkan dengan tarian tradisional daerah tersebut agar kebudayaan itu tidak hilang ditelan zaman.

Sumber:
http://abra139210.wordpress.com/2011/02/21/manusia-kebudayaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar